Lowongan

PPC Iklan Blogger Indonesia

KLIK DI SINI

Thursday, 22 September 2016

SERVICE ANALOG STIK PLAYSTATION



MEMPERBAIKI ANALOG STIK PLAYSTATION

Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara memperbaiki stik playstation yang rusak pada analognya.
Kerusakan pada analog stik dapat dicirikan sebagai berikut :
-          Jika stik kita gunakan untuk bermain playstation, maka si aktor dalam game tersebut tidak bisa dikendalikan, alias lari-lari atau berputar-putar sendiri, ke kanan atau ke kiri.
-          Jika kita gunakan bermain game bola atau winning eleven, maka ketika kita start maka kursor akan berjalan sendiri, keatas atau kebawah, kesamping kiri atau kanan dan seterusnya.
-          Atau dari segi fisik jika kerusakan analog ini sudah parah, maka nampak analog seperti patah atau jika kita gerakkan ia tidak mau kembali keposisi semula atau meleot. Fisik terlihat patah ini hanya berlaku untuk jenis analog yang terbuat dari atom (plastik) pada tangkai pengait topinya. Tapi untuk jenis yang ori atau terbuat dari besi, biasanya tidak mudah patah, tapi walaupun tidak mudah patah, bisa juga error saat dimainkan sama seperti yang terbuat dari atom atau plastik.
Oke gan, selanjutnya kita akan coba mempraktikkan, bagaimanakah cara mengganti analog stik yang baik dan benar. Mungkin ini bisa berguna bagi anda yang masih pemula dan belum pernah memperbaiki stik playstation sendiri, sehingga bila suatu saat stik anda mengalami kerusakan yang sama, maka anda tidak perlu repot-repot datang ketempat service, selain untuk menambah ilmu, juga dapat menghemat biaya ya gan, hehehe...
Karena biasanya untuk ongkos penggantian analog pada tukang service sekitar Rp.10.000,-/analog.
Sedangkan bila kita memperbaikinya sendiri kita hanya butuh analog baru yang harganya sekitar Rp.2500,-
Lebih murahkan!.
Baiklah sekarang kita mulai, untuk mengganti analog stik, kita tentu saja membutuhkan alat pendukungnya supaya hasilnya baik dan benar. Alat-alat tersebut antara lain :
-          Analog (yang masih baru tentunya)
-          Solder
-          Timah/ tenol
-          Penyedot tenol
-          Obeng ( plus dan min)
Alat tambahan (bila ada)
-          Kaca pembesar
-          Multitester (AVO meter)
Langkah pertama
Kita buka baut yang mengkait casing stik permukaan depan dan belakang supaya terbuka dan kita bisa melihat isi didalam stik tersebut. Terdapat kurang lebih 6 baut yang musti kita copot. Apabila ada kertas segel yang menutupi sebaiknya kita buka terlebih dahulu. Lalu bukalah casing dengan perlahan dan jangan memaksakan jika ada yang masih mengkait, karena bisa membuat casing stik rusak atau pecah. Setelah terbuka maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


Jika anda menggunakan stik jenis KW maka akan sama bentuk nya,  tapi jika stik yang anda gunakan adalah jenis ORI maka perbedaan ada pada papan PCB indukan atau papan utama, karena untuk jenis ORI, baik itu ori mesin atau ori pabrik, menggunakan PCB mika atau plastik, sedangkan untuk yang jenis KW menggunakan papan PCB seperti yang nampak diatas. Tapi tidak menjadi masalah, karena untuk pada bagian analog nya semua sama, jadi tidak berpengaruh pada pembahasan kita saat ini.

Langkah kedua
Panaskan menggunakan solder lalu dengan penyedot tenol sedot timah yang ada pada kaki-kaki analog sampai bersih. Terdapat 8 kaki analog yang harus dibersihkan. Tapi biasanya  tidak semua kaki analog di beri timah, ada beberapa kaki analog yang tidak mempunyai fungsi, sehingga perlu di solder. Selanjut jika ada kaki analog yang di lengkungkan maka cobalah luruskan menggunakan obeng minus yang tipis. Usahan lurus sehingga tidak menghalangi lubang saat dicabut nanti.

Langkah ketiga
Cabut/ congkel analog menggunakan obeng minus, usahakan obeng minus yang tipis, atau anda bisa menggunakan alat lain untuk melakukan ini. Congkel secara perlahan pada setiap kaki analognya, lakukan sampai analog terlepas dari PCB nya.



Langkah terakhir
Ganti dan pasanglah analog baru lalu solder kembali dengan rapi pada PCb yang telah kosong analog nya. Jangan lupa pasang kembali casing stik seperti semula. Dan stik siap dicoba

Untuk lebih jelas anda bisa lihat video cara mengganti analog seperti berikut ini 

Nah demikianlah postingan saya tentang cara mengganti analog pada stik playstation.
Pada postingan selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mengganti kabel stik playstation yang putus atau rusak. Terimakasih telah menyimak postingan saya ini, saran dan kritik yang membangun pada komentar akan sangat membantu saya untuk menjadi lebih baik dalam postingan berikutnya.
Jangan lupa Like nya ya gan!!...





0 komentar:

Post a Comment